Kesalahan Para Seller / Penjual Marketplace Pemula

Sebagai seller pemula niscaya masuk akal jikalau melaksanakan beberapa kesalahan dalam proses menjual produk di marketplace. Karena para seller yang gres memulai berjualan di marketplace masih membawa kebiasaan usang yang berjualan melalui sosmed atau website. Di marketplace ada hukum main yang sangat berbeda serta perlu tekhnik khusus juga dalam memasarkan produk.
Simak beberapa hal yang perlu di perhatikan bagi yang ingin memulai berjualan di Marketplace :


Tidak melengkapi Foto Profil dan Deskripsi Toko

Setelah mendaftar menjadi seller di marketplace jangan asal pribadi upload produk kemudian di biarkan begitu saja. Banyak kita temukan untuk akun yang gres tidak melengkapi foto profil , banner , atau deskirpsi tokonya. Hal ini menjadikan kesan para customer penjual ini tidak aktif atau tidak NIAT jualan. Apalagi feedback yang belum ada  bisa menjatuhkan tingkat keyakinan customer untuk berbelanja di toko online kita. Untuk cara cepat sanggup penjualan pertama di marketplace sanggup baca artikel saya sebelumnya DISINI

Tidak membaca Keseluruhan Aturan

Ini paling sering terjadi dan merupakan penyakit kebanyakan masyarakat Indonesia ialah MALAS BACA. Apalagi soal baca syarat dan ketentuan, banyak yang hanya asal upload produk tanpa memperhatikan hukum yang di menetapkan oleh pihak marketplace. Seperti yang sering banyak dilakukan menampilkan contact pada deskripsi atau foto produk. Akibatnya produk kita akan di hapus bahkan yang lebih parah akun kita akan di bekukan selama beberapa bulan. 

Tidak Memahami Proses Transaksi

Masih berafiliasi dengan yang atas tadi mengenai kurangnya membaca panduan berjualan di marketplace. Banyak yang kebingungan dan kaget jikalau mendapat orderan , banyak pula yang salah memproses pesanan dari pembeli sehingga menjadikan transaksi di batalkan oleh sistem marketplace. Padahal semua sudah tertulis terperinci di panduan bertransaksi di marketplace . Untuk itu pahami betul mengenai beberapa point penting ini :
  • Alur proses transaksi di Marketplace dan perhatikan batas waktu pemrosesan pesanan.
  • Standar atau mekanisme pemrosesan pesanan
  • Terakhir mengenai proses merespon komplain atau retur pesanan. 

Kesalahan Penulisan Judul 


Jangan sepelekan penulisan judul , alasannya pencarian internal di marketplace sangat detail dan perlu perhatian khusus. Misal teladan saja antara penulisan kata kunci di judul "Flash disk dan Flashdisk " cuma problem spasi akan sangat mensugesti hasil pencarian.
Perbedaan hasil pencarian alasannya Spasi

Untuk itu anda harus jeli menentukan keyword yang sempurna dan lengkap sesuai dengan produk yang anda jual.  

Pelit mengeluarkan anggaran iklan atau berlangganan premium account

Karena sudah terjebak zona nyaman berjualan di marketplace secara gratisan , kita biasanya terlena tidak mau mengeluarkan anggaran untuk biaya promosi atau membeli fitur berbayar di marketplace. Ada yang bilang toh pakai gratisan aja udah laris ngapain musti berbayar. Hal ini menjadikan seller pemula kalah bersaing dengan seller lain. Memang kadang dengan mengeluarkan iklan belum tentu penjualan produk naik signifikan. Anggap saja itu sebagai investasi kita dalam hal berguru berjualan di marketplace, semoga lebih efisien dan efektif dalam memasang iklan berbayar. Dan setidaknya view produk dan pelanggan yang berminat dengan produk kita bertambah. Denga  iklan berbayar merupakan cara efektif untuk sanggup mempercepat pertumbuhan toko online kita. 

Tidak menentukan sasaran penjualan

Sudah usang berjualan tapi tidak ada perkembangan , profit segitu-gitu aja dari kemarin .Omzet tidak naik , itu merupakan beberapa tanda-tanda alasannya kita sudah nyaman dari hasil yang di peroleh . Untuk menghindari hal itu mulai lakukan set sasaran penjualan yang lebih tinggi lagi setiap bulanya. 

Manajemen Stock Buruk

Ini menyangkut kebiasaan usang para penjual di luar marketplace. Yang menganggap sepele soal stock , "ngga problem stock ngga update tinggal di tolak aja pesananya" . Kalau di marketplace hal ini sanggup berdampak sangat jelek buat reputasi akun toko anda . Misal di bukalapak jikalau anda menolak sejumlah 5 transaksi saja anda akan mendapat 1 feedback negatif. Dan lebih mengerikan lagi di lazada atau mataharimall jikalau menolak pesanan anda akan mendapat pinalti denda sebesar 100rb. 

Tidak memanfaatkan fitur yang ada. 

Banyak fitur yang di sediakan oleh marketplace untuk meningkatkan penjualan. Namun alasannya terlalu fokus dengan upload2 produk jualan , para seller pemula biasanya tidak memaksimalkan fitur yang ada baik yang gratis maupun berbayar. 


Kurang Fast Respon 

Jika ada customer bertanya biasanya mereka akan bertanya ke beberapa seller yang menjual produk yang sama , dari situ jikalau kita kalah cepat menjawab pertanyaan maka Customer akan lari ke Seller lain. Agar lebih fast respon instal aplikasi maerketplace di smartphone dan aktifkan semua notifikasinya baik email ataupun SMS. 


Itulah tadi beberapa point Kesalahan Para Seller Pemula DI marketplace. Semoga sanggup menjadi materi acuan untuk kau semoga tidak melaksanakan kesalahan di awal dalam hal memulai berjualan di Marketplace.



Subscribe to receive free email updates: