Tips Jurus Cepat Closing Penjualan Di Marketplace

Posting kali ini mengenai Reportase webinar bukalapak ke 26 oleh om grando pelapak jakarta mengenai cara cepat closing. Berikut saya jabarkan point-point pentingnya saja. 

Apa itu Closing ? Closing ialah proses simpulan perundingan jual beli dimana pembeli memutuskan untuk jadi membeli produka
tahapan Closing bisa di jelaskan dari konsep AIDA : attention interest desire action.



Kenapa harus Closing Cepat

  • Time is money : harus menghemat waktu semoga bisa mengerjakan keperluan lain dan melayani pelanggan lainya
  • Omset dan Reputasi Meningkat
  • Pengembangan diri : untuk berkomunitas berguru menjalin realasi waktu tidak habis melayani customer.
  • Tidak kehilangan potensial buyer hanya alasannya ialah proses perundingan tertunda.
  • Meningkatkan Trust / Kepercayaan : yakin untuk membeli
  • Pesan Chat yang nyaman : cepat di balas , CS yang ramah kata terima kasih, maaf wajib di pakai. 


Cara Cepat Closing
Penguasaan Diri : sabar , paham menguasai produk
Punya taktik : pahami pembeli cara menghadapi tipe dan karakterisik pembeli
Percaya Diri : yakin produk , cara berkata dan bersikap
Selalu berpikiran Positif : jangan beranggapan semua customer yang banyak nanya biasanya ngga beli. 
Kontrol Emosi : ketika menghadapi komplain jangan gampang terbawa emosi alias BAPERAN
Bahasa ramah sopan 

Pahami calon pembeli
- Cepat merespon : di marketplace telat merespon 3-5 menit pembeli bisa pindah ke kawasan lain . Minimal di sapa terlebih dahulu
Tidak kaku dan fleksibel : gunakan bahasa yang erat sesuaikan dengan umur customer. 
Jeli Melihat kebutuhan ; bisa mengetahui kebutuhan pembeli 
Fokus solisi dan manfaat : berikan solusi dan sampaikan manfaat yang akan di dapatkan

Pengetahuan Produk

  • Minimal harus Mengetahui secara umum 
  • Meminimlaisir resiko komplain
  • Antisipasi Smart Buyer yang biasanya menanyakan produk sangat detail. 
  • Fokus Kelebihan / keunggulan yang bisa perkuat kepercayaan


Konsisten dengan teknik closing
Adaptasi Variasi dan kombnasi
Latihan / jadikan kebiasaan
Evaluasi : apakah tekhnik masih efektif dan relevan

Manfaatkan Fitur / Alat Bantu
  • Instal Apps BL di Smartphone : untuk fast respon membalas pesan
  • Copywriting tepat, , deskripsi lengkap tapi tidak terlalu panjang ibarat menciptakan posting blog)
  • Foto menarik, Berjualan online foto jadi hal yang paling utama sebagai garda terdepan untuk memikat customer. 
  • Catatan pelapak informatif , Sangat berkhasiat untuk mengurangi pertanyaan yang sering di tanyakan calon customer.
  • Template pesan / Chat bisa pergunakan auto text  untuk memepercepat respon chating. :
  • Jemput bola , konfirmasi misal transaksi menunggu. 
  • Premium akun , bisa di gunakan untuk mengetahui yang minat barang. Yang selanjutnya bisa kita follow up 
  • Gunakan fitur push dan share ke sosmed produk yang di jual untuk meningkatkan awareness merk kita. 


Gunakan Beberapa tekhnik Closing
Jawaban Ya , 
Testimoni , jangan lupa untuk minta review dan testimoni ke pembeli 
Model tanya balik contohnya " ready gan , mau di kirim hari ini ?"
Di arahkan "Stock ready , silahkan bisa di order "
tawarkan : bonus
Now or never : beli kini sebelum kehabisan harga naik
Cross selling bundling ( misal jual kamera coba tawarkan memory card atau tas nya sekalian )
Pujian tenggang rasa joke
Banding dengan Komptetior
Tampak murah dengan memeberikan diskon 


Contoh chat yang ramah dan profesional 
B : Stock Ada ?
S : Hai , Stock Ready terbatas , siap untuk diorder, silahkan segera bertransaksi jikalau berminat, semoga tidak kehabisan. Sangat disarankan membaca detail klarifikasi produk di iklan sebelu mbembeli ya , terimakasih :)


Contoh Chat ( Kombinasi )
B : Gan , Ready ?
S : Hai gan , stock masih ready dan terbatas, kebetulan untuk transaksi hari ini kami ada promo beli 1 gratis 1. Kira2 agan mau warna merah atau hitam ?
B : OW begitu , bagusan merah atau hitam ?
S : sejauh ini penlanggan kami lebih banyak membeli warna hitam gan tapi merah juga cocok semoga agan tampil beda dan berkarakter
B : sepakat gan , ane beli sekaran g, warna merah grasanya merah juga ya
S : Siap teriamkasih agan baik :)

B; Berapa hari hingga ?
S : halo kak bila transaksi kami rerima sebelum jam 12.00 wib dan memilikh kurir express , pake kami kirim hari ini , semoga besok sudah diterima. Kakak butuh berapa pcs ?
B : oh butuh 1 ssaja kok mahal ongkirnya ya ?
S : Betul kak , alasannya ialah kurir express ada jaminan paket diterima besok harinya supaya ongkirnya tidak berasa mahal bagusnya sekalian beli charger dan casingya niscaya cocok dengan hp kakak
B; Ok proses segera ya , maksih
S : Baik kak, nanti kami kabari sehabis kirim ya , trimakasih :)
B; mantap , sipp.

Sesi Tanya Jawab
Bagaimana kalau ada pembeli tanya padahal sudah di jelaskan di deskripsi?
Harus sabar tetep di respon , harusnya beryukur sudah bertanya alasannya ialah itu udah ada minat . Pembeli di arahkan untuk membaca ulan gdeskripsi

Bagaimana jikalau ada pembeli menawar melalui chat ?
bisa tawarkan kelebihan layanan dan kualitas produk . atau kasih bonus bundling.
atau jikalau sepakat tinggal rubah saja harganya , dan di infoka ulang. Setleah tansaksi selesai harga di kembalikan ke normal .

Bagaimana Cara menciptakan template Chat?
pakai word, note , atau excell copy paste
pakai android dengan aplikasi Swift keyboard atau Smart Keyboard 

Kalau ada pembeli susah di hubungi , tidak memperlihatkan keterangan yg terang bagaimana solusinya?
bisa hubungi customer bukalapak 

Cara cepat closing untuk akun yang masih gres ?
Mengkombinasikan metode yang sudah di jelaskan tadi , deskripsi informatif fast respon.

Cara menghadapi customer yang membandingkan harga ?
Membandingkan dengan kompteritor mengenai keunggulan layanan , dan kelebihan produk .

Subscribe to receive free email updates: